Thursday, November 16, 2017

Baca ini : 5 Bahan Makanan Ini Bantu Kurangi Produksi Minyak Berlebih di Wajah

Foto: iStockFoto: iStock

Berita penting - Jakarta - Masalah kulit berminyak dapat diatasi dengan materi alami. Ada lemon, cuka apel sampai mentimun yang bantu kurangi produksi minyak.

Mereka yang alami persoalan kulit berminyak sering memakai astringen. Astringen merupakan pembersih wajah berbentuk cairan layaknya toner, namun biasanya lebih besar lengan berkuasa dan mengandung alkohol.

Astringen efektif menghilangkan bekas make-up atau produk kimia lain yang melekat pada wajah sepanjang hari. Selain itu, astringen juga bantu minimalkan pori dan mengurangi minyak berlebih di wajah.

Baca juga: Wajah Lebih Putih dan Cerah dengan 5 Racikan Masker Berbahan Alami Ini

Sayangnya penggunaan astringen terlalu sering dapat sebabkan kulit kering atau kusam lantaran kandungan alkoholnya. Untuk mengatasinya, Anda dapat menciptakan sendiri astringen dengan bahan-bahan alami.

Berikut tips menciptakan astringen alami yang dirangkum NDTV (15/11). Tentu dapat jadi panduan untuk Anda yang alami persoalan kulit berminyak.

1. Air mawar

5 Bahan Makanan Ini Bantu Kurangi Produksi Minyak Berlebih di WajahFoto: iStock

Air mawar bertindak sebagai zat alami yang membantu membersihkan pori-pori kulit dan memperbaiki warna kulit. Oleskan air mawar buatan sendiri setiap hari untuk membersihkan kulit dan menjauhkannya dari banyak sekali infeksi. Caranya, didihkan secangkir air kemudian tambahkan kelopak mawar di dalamnya. Biarkan mendidih sampai warna bunga mawar pudar. Selanjutnya campurkan beberapa tetes minyak esensial lemon dan aduk rata. Oleskan setiap hari sebelum tidur.

2. Cuka apel

5 Bahan Makanan Ini Bantu Kurangi Produksi Minyak Berlebih di WajahFoto: thinkstock

Cuka sari apel mentah dan organik selalu disebut-sebut sebagai zat bermanfaat untuk kulit. Ini membantu mengecilkan pori-pori kulit dan menyerap kelebihan minyak pada kulit. Tambahkan sekitar 25 ml cuka sari apel dalam 100 ml air, aduk rata dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial lemon. Tuangkan adonan ke dalam wadah dan oleskan di wajah serta leher Anda secara teratur.

3. Chamomile

5 Bahan Makanan Ini Bantu Kurangi Produksi Minyak Berlebih di WajahFoto: iStock

Chamomile tidak hanya mengecilkan pori-pori kulit tapi juga menghilangkan kotoran dan selanjutnya mengendalikan sekresi minyak sehingga terlihat lebih sehat. Buat astringen chamomile dengan merebus dua cangkir air bersamaan bunga chamomile kering dan mint kering. Biarkan mereka mendingin beberapa menit dan tuangkan dalam wadah kosong. Oleskan setiap hari pada wajah untuk merevitalisasi kulit Anda.

4. Mentimun

5 Bahan Makanan Ini Bantu Kurangi Produksi Minyak Berlebih di WajahFoto: iStock

Tahukah Anda mentimun bertindak sebagai zat alami yang membersihkan dan meringankan kulit Anda? Ambil belahan mentimun yang gres dipotong dan gosok ke kulit untuk mengurangi bintik hitam, kemudian cuci muka dengan air.

Baca juga: Bahan Makanan Ini Kaprikornus Rahasia Cantik Julia Roberts Hingga Nicole Kidman

5. Lemon

5 Bahan Makanan Ini Bantu Kurangi Produksi Minyak Berlebih di WajahFoto: iStock

Lemon mempunyai asam askorbat yang membuatnya bertindak sebagai zat alami yang membantu mengecil dan menyempitkan pori-pori kulit. Ini mengurangi sekresi minyak berlebih, kemerahan dan mencerahkan kulit. Anda hanya perlu menambahkan jus lemon ke dalam air, astringen lemon pun siap untuk diaplikasikan pada wajah.

Jika Anda mempunyai alergi terhadap bahan-bahan di atas sebaiknya menghindarinya! Pastikan juga untuk tidak menerapkan terlalu banyak astringen alami ini pada kulit yang kering, lantaran hal ini dapat menjadikan kulit semakin kering.


Sumber detik.com

0 comments

Post a Comment