Tuesday, November 21, 2017

Baca ini : Apa Benar Warna Kuning Telur Menunjukkan Kandungan Nutrisinya?

Foto: iStockFoto: iStock

Berita penting - Jakarta - Apa warna kuning telur yang Anda makan ketika sarapan? Warna kuning telur yang pucat atau oranye ternyata ada penyebabnya.

Telur dikenal sebagai sumber protein yang murah dan gampang didapat. Umumnya orang mengonsumsi telur utuh, putih dan kuningnya untuk mendapat manfaat nutrisi maksimal.

Meskipun belakangan banyak orang menghindari konsumsi kuning telur. Karena dianggap mengandung kolesterol dan sanggup memicu penyakit jantung. Padahal kandungan vitamin D pada kuning telur sangat diharapkan untuk kesehatan tulang, kendalikan gula darah sampai menjaga fungsi syaraf.

Baca Juga : Ternyata Hal Satu Ini yang Menyebabkan Warna Kuning Telur Berbeda-beda

Apa Benar Warna Kuning Telur yang Berbeda Tunjukkan Kandungan Nutrisinya?Foto: Istimewa

Warna kuning telur tak seragam. Ada yang kuning pucat dan ada juga yang merah oranye. Warna kuning telur ini mencerminkan kualitas nutrisi telur. Warna kuning telur tidak menunjukkan kesegarannya, tetapi juga nilai nutrisinya.

Perbedaan warna kuning ini juga tergantung pada pakan makanan yang diberikan pada ayam petelur. Warna kuning tergantung pada pigmen kuning alami yang dikenal sebagai xanthophylis, yang diproduksi ayam petelur dan tersimpan dalam kuning telur yang dihasilkan.

Dilansir oleh food.ndtv (20/11), berdasarkan Khyati Rupani, pendiri dan andal nutrisi Balancenutrition, warna kuning telur yang renta meninjukkan nutrisi dan diet seimbang dari pakan ayam yang kaya xanthophyll, asam lemak omega 3 dan daging. Umumnya warna kuning oranye mengandung lebih banyak vitamin A dan betakaroten. Warna oranyenya terjadi menyerupai pada warna oranye wortel. Juga kaya betakaroten menyerupai buah jeruk.

Apa Benar Warna Kuning Telur yang Berbeda Tunjukkan Kandungan Nutrisinya?Foto: Getty Images

Warna ini berubah-ubah tergantung pada kandungan vitamin dan kualitas pakan ayam. Selain itu warna kulit telur tidak hanya ditentukan faktor genetik. Efek sinar matahari yang berpengaruh pada ayam betina sanggup pengaruhi kulit telur yang dihasilkan. Jika terlalu banyak paparan sinar matahari sanggup menciptakan kulit telur pucat. Sementara warna putih cerah mengindikasikan bahwa telur segar dan baru.

Tetapi warna kuning telur tidka menunjukkan kesejukan telur. Warna kuning telur benar-benar tergantung pada pakan ayam. Induk ayam yang sehat akan memproduksi telur dengan warna kuning telur yang lebih cerah.

Baca Juga :Mengapa Kuning Telur Berwarna Kuning Oranye Lebih Disukai
Sumber detik.com

0 comments

Post a Comment