Tuesday, November 14, 2017

Baca ini : Black Truffle Seharga Rp 26,8 Juta Per Kg Berhasil Ditemukan di Inggris

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Berita penting - Jakarta - Jamur truffle populer berharga dan istimewa. Pemilik perkebunan inipun berhasil menemukan truffle perigord atau black truffle yang langka serta bernilai tinggi.

Ditanam lebih dari 10 tahun lalu, perkebunan milik Matt Sim di Monmouthshire, Walse, Inggris alhasil menghasilkan truffle perigord. Jamur ini ditemukan anjing berjulukan Bella yang sudah terbukti piawai dalam menemukan truffle.

Dilaporkan Telegraph (12/11), truffle perigord atau black truffle atau truffle hitam di perkebunan Sim ini yakni yang pertama ditemukan di Inggris. Sekaligus jadi salah satu materi paling berharga yang pernah ditemukan di dunia.

<i>Black Truffle</i> Seharga Rp 26,8 Juta Per Kg Berhasil Ditemukan di InggrisMatt Sim yang Menemukan Black Truffle Bersama Anjingnya (Foto: Istimewa)

"Awalnya aku melihat sesuatu yang gelap di lubang daerah Bella menggali. Saya pikir itu truffle demam isu panas yang kasar. Tapi ketika aku menciumnya, aku tahu itu perigord," ujar Sim.

Baca Juga: Mengapa Jamur Truffle Mahal Harganya?

Black truffle yakni materi makanan paling mahal di dunia. Harganya 1.700 euro per kilogram atau sekitar Rp. 26,8 juta. Tapi bagi Sim inovasi black truffle bukan soal nilainya saja yang mahal.

"Ini menyenangkan. Sangat asyik keluar bersama anjing dan mencari truffle," tambah Sim. Ia bercerita kala Bella dan dirinya menemukan black truffle.

Menurutnya energi Bella ketika itu sangat besar ketika berjalan di akrab pohon. Sim pribadi sadar bahwa Bella menemukan sesuatu. "Anda harus menariknya cukup cepat. Tekstur truffle bergelembung dan cakar anjing bisa mengeluarkan dan mengeskpos daging di bawahnya," terperinci Sim.

<i>Black Truffle</i> Seharga Rp 26,8 Juta Per Kg Berhasil Ditemukan di InggrisBella, Si Penemu Black Truffle Handal (Foto: Istimewa)

Menurut istrinya, Sim sangat terobsesi dengan truffle. Dua kali sehari ia menyusuri lahan seluas 44 ribu meter persegi bersama Bella untuk cari truffle.

Truffle temuannya kemudian dikasih ke chef lokal atau dimakan Sim sendiri. "Biasanya aku mengiris sedikit truffle dan memakannya," terperinci laki-laki 49 tahun ini.

Dr Paul Thomas dari industri truffle Inggris jadi orang pertama yang ditelepon Sim ketika ia tahu Bella punya kemampuan mencari truffle. Secara khusus Dr Thomas mempelajari aksara truffle yang sulit dicari.

Baca Juga: Wah, Black Truffle Ternyata Punya Senyawa Sama dengan Ganja

<i>Black Truffle</i> Seharga Rp 26,8 Juta Per Kg Berhasil Ditemukan di InggrisTruffle Kaprikornus Bahan Makanan Termahal di Dunia (Foto: Istimewa)

Truffle rupanya tumbuh di bawah tanah dalam korelasi simbiosis dengan sistem akar pohon di tanah yang kandungan watu kapurnya tinggi.

"Cara tumbuh truffle yakni kalau benih jatuh di bawah pohon dengan jamur tumbuh, benih akan diinokulasi secara alami. Tapi begitu Anda kehilangan habitat itu, tidak ada lagi sistem untuk benih bereproduksi," terperinci Dr Thomas.

Sejak awal Sim berencana menanam lebih banyak spesies truffle demam isu dingin. Namun Dr Thomas sempat meragukan. "Saya tidak berpikir mereka akan tumbuh, tapi mungkin menarik dari perspektif sains. Saya cukup garang ihwal itu. Tapi dugaan aku ternyata terbukti salah. Dan aku bahagia itu terjadi," pungkas Dr Thomas.


Sumber detik.com

0 comments

Post a Comment