Monday, November 13, 2017

Baca ini : Hati-hati! Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula Darah

Foto: ilustrasi/thinkstockFoto: ilustrasi/thinkstock

Berita penting - Jakarta - Asupan kuliner berkaitan bersahabat dengan kadar gula darah. Salah menentukan makanan, bukan mustahil kadar gula darah pribadi naik.

Tubuh menghasilkan gula darah atau glukosa darah dengan cara memproses karbohidrat yang didapat dari makanan. Gula darah kemudian digunakan badan untuk menghasilkan energi dan yang tak terpakai akan disimpan di tubuh.

Sayangnya terlalu banyak gula darah dalam badan bisa berbahaya. Pada tingkat terparah menyebabkan diabetes. Untuk mencegahnya, hindari konsumi 6 kuliner yang dirangkum NDTV (9/11) berikut.

Baca juga: Selain Kurangi Asupan Gula, Ini Cara Praktis Cegah Diabetes

1. Kopi

Hati-hati! Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula DarahFoto: iStock

Penggemar kopi niscaya sering mencicipi hal ini. Saat Anda mengonsumsi kopi, gula darah pribadi meningkat tanggapan kandungan kafein dalam kopi. Hal ini sama ibarat dikala mengonsumsi black tea atau green tea. Meski begitu, imbas kafein akan berbeda pada tiap orang. Sebaiknya tetap batasi konsumsi kafein biar tidak mengalami diabetes.

2. Buah kering

Hati-hati! Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula DarahFoto: ilustrasi/thinkstock

Buah kering ibarat kismis dan cranberry mengandung gula dalam bentuk yang lebih terkonsentrasi sehingga karbohidratnya juga lebih tinggi. Semua buah selain buah segar ibarat jus dan buah kering memang dikenal mengandung gula dua kali lebih banyak. Karenanya batasi konsumsi buah kering sekitar 30 gram saja per hari.

3. Roti tawar

Hati-hati! Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula DarahFoto: iStock

Roti tawar dan nasi putih mengandung karbohidrat yang gampang dipecah oleh badan dan dikonversi menjadi glukosa. Selain itu, roti tawar juga mengandung tepung olahan sama ibarat pasta dan mie. Oleh alasannya yaitu itu, dianjurkan untuk menentukan nasi merah atau roti gandum yang lebih kaya serat.

4. Daging merah

Hati-hati! Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula DarahFoto: GettyImages

Beberapa penelitian menemukan daging merah dan daging ibarat bacon dan ham mengandung lemak jenuh tinggi yang sanggup meningkatkan kadar gula darah Anda. Selain itu, terlalu banyak protein juga sanggup meningkatkan kadar insulin.

5. Susu

Hati-hati! Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula DarahFoto: Thinkstock

Susu dan produk susu lainnya terang mempengaruhi kadar gula darah Anda. Susu mengandung laktosa yang merupakan jenis gula yang gampang dicerna. Tapi juga mengandung protein yang mungkin bisa menangkal respon ini. Karenanya susu sebaiknya diminum tak berlebihan.

6. Pisang

Hati-hati! Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula DarahFoto: Thinkstock

Buah ibarat pisang, anggur, ceri, dan mangga kaya akan karbohidrat dan gula yang niscaya bisa meningkatkan kadar gula darah Anda secara cepat. Konsumsi buah dengan indeks glikemik tinggi menciptakan kadar gula darah meningkat dengan cepat dan drastis.

Anda tak harus menghindari kuliner tersebut secara keseluruhan. Yang terpenting yaitu memperhatikan porsi konsumsinya biar tak menaikkan gula darah secara drastis.

Baca juga: Gula Darah Cenderung Tinggi? Perbanyak Konsumsi Makanan Ini


Sumber detik.com

0 comments

Post a Comment