Tuesday, November 21, 2017

Baca ini : Napoleon Doyan Cokelat dan Sajian Cokelat Pertama di Dunia, Ini 12 Fakta Unik Cokelat (2)

Foto: iStockFoto: iStock

Berita penting - Jakarta - Siapa sangka white chocolate ternyata bukan cokelat sebenarnya. Begitu juga dengan fakta cokelat batangan bukanlah menu cokelat pertama di dunia.

Kalau ingin tau soal fakta unik cokelat, 12 hal yang dirangkum Foodbeast (21/11) ini dapat Anda simak. Tentu menarik bagi pencinta cokelat.

7. Sejarah cokelat batang

Napoleon Doyan Cokelat dan Sajian Cokelat Pertama di Dunia, Ini 12 Fakta Unik Cokelat (2)Foto: Istimewa

Tahun 1847, pembuat cokelat di Inggris yaitu Joseph Fry menemukan cara mencampur debu kakao, gula dan kakao untuk dijadikan pasta kemudian dicetak jadi cokelat batangan pertama di dunia. Sejak dikala itu seruan akan cokelat batangan jadi tinggi dan Fry Chocolate Factory di Bristol, Inggris mulai memproduksinya.

Penemuan ini diikuti 220 produk cokelat inovatif yang mulai diperkenalkan ke khalayak termasuk cokelat Easter egg pertama di Inggris tahun 1873 dan Fry's Turkish Delight tahun 1914.

8. Hot chocolate jadi menu cokelat pertama

Napoleon Doyan Cokelat dan Sajian Cokelat Pertama di Dunia, Ini 12 Fakta Unik Cokelat (2)Foto: Istimewa

Jauh sebelum cokelat batangan dinikmati, ternyata menu cokelat pertama di dunia yaitu hot chocolate. Minuman ini ditemukan suku Aztec dan dinamai xocolatl atau berarti "air pahit." Minuman ini dibentuk dari biji kakao, vanilla dan cabe yang dipercaya dapat atasi kelelahan.

9. Cokelat menginspirasi inovasi microwave

Napoleon Doyan Cokelat dan Sajian Cokelat Pertama di Dunia, Ini 12 Fakta Unik Cokelat (2)Foto: iStock

Siapa sangka penciptaan microwave terinspirasi dari cokelat leleh. Sekitar 70 tahun lalu, insinyur Percy Spencer menguji coba magnetron kelas militer yang menciptakan cokelat batang di kantungnya meleleh. Ia kemudian membawa biji popcorn ke kantor keesokan harinya dan menaruh di panas yang sama. Tak disangka hal ini menghasilkan popcorn microwave pertama kali.

10. Pohon kakao dapat berusia 200 tahun

Napoleon Doyan Cokelat dan Sajian Cokelat Pertama di Dunia, Ini 12 Fakta Unik Cokelat (2)Foto: Erliana Riady/detikcom

Pohon kakao ternyata dapat berusia ratusan tahun. Sayangnya phon hanya dapat bertahan 25 tahun untuk dapat menghasilkan biji kakao.

11. Cokelat menciptakan sekutu menang Perang Dunia II

Napoleon Doyan Cokelat dan Sajian Cokelat Pertama di Dunia, Ini 12 Fakta Unik Cokelat (2)Foto: Istimewa

Kemenangan sekutu dikala Perang Dunia II rupanya salah satunya dipicu cokelat. Kabarnya cokelat Hershey yang diberikan pada tentara menjadi sumber energi dan adab positif untuk mereka. Perusahaan The Hershey Chocolate memubuat cokelat batangan yang dirancang khusus untuk pasukan tentara AS pada tahun 1937.

Menurut Sam Hinkle dari Hershey, pemerintah AS meminta 4 hal dari cokelat batangan itu. Beratnya harus 113 gram, tinggi energi, tahan di temperatur tinggi dan terasa lebih lezat dari kentang rebus. Menurut beberapa tentara, kentang rebus memang jadi makanan favorit mereka.

12. Swiss mengonsumsi cokelat paling banyak tiap tahun

Napoleon Doyan Cokelat dan Sajian Cokelat Pertama di Dunia, Ini 12 Fakta Unik Cokelat (2)Foto: Thinkstock

Swiss yaitu pembeli nomor satu cokelat di dunia. Tiap orang di Swiss membeli 8.2 kg cokelat per tahun di 2016. Setahun kemudian jumlahnya meningkat jadi 8.9 kg.


Sumber detik.com

0 comments

Post a Comment