Tuesday, November 21, 2017

Baca ini : Napoleon Doyan Cokelat dan Sajian Cokelat Pertama di Dunia, Ini 12 Fakta Unik Cokelat (1)

Foto: ThinkstockFoto: Thinkstock

Berita penting - Jakarta - Penggemar cokelat mungkin belum banyak yang tahu soal fakta unik cokelat. Mulai dari biji kakao yang ternyata termasuk sayuran hingga negara pengonsumsi cokelat terbanyak.

Foodbeast (21/11) merangkum fakta unik cokelat yang menarik untuk disimak. Belum banyak yang tahu jikalau dessert berbahan biji kakao ini punya sejarah panjang.

1. Kakao tergolong sayuran

Napoleon Doyan Cokelat dan Sajian Cokelat Pertama di Dunia, Ini 12 Fakta Unik Cokelat (1)Foto: Istimewa

Baik milk maupun dark chocolate dibentuk dari biji kakao yang tumbuh dari pohon kakao (Theobroma cacao). Tanaman ini termasuk dalam famili Malvaceae dengan anggota lain okra. Hal inilah yang mengakibatkan kakao secara teknis tergolong sayuran.

2. White chocolate bukan cokelat

Napoleon Doyan Cokelat dan Sajian Cokelat Pertama di Dunia, Ini 12 Fakta Unik Cokelat (1)Foto: Thinkstock / Pinterest

Penggemar cokelat banyak yang menggemari white chocolate sebab rasanya lebih manis. Meski menyertakan nama 'chocolate,' white chocolate bersama-sama tidak mengandung kakao padat sama sekali. Jenis cokelat ini hanya dibentuk dari adegan biji kakao ialah cocoa butter.

3. Kakao sebagai mata uang

Napoleon Doyan Cokelat dan Sajian Cokelat Pertama di Dunia, Ini 12 Fakta Unik Cokelat (1)Foto: Istimewa

Biji kakao berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Para arkeolog menjelaskan penduduk kuno wilayah tersebut mulai menanam kakao pada 1900 SM. Dulunya biji kakao dinilai berharga sehingga dijadikan mata uang di kalangan masyarakat Aztec.

Biji kakao sanggup untuk membeli barang glamor menyerupai anting dan bulu-bulu untuk seremonial. Begitu juga barang sehari-hari menyerupai makanan dan pakaian yang sanggup didapat dari biji ini.

4. Biji kakao kini banyak ditanam di Afrika

Napoleon Doyan Cokelat dan Sajian Cokelat Pertama di Dunia, Ini 12 Fakta Unik Cokelat (1)Foto: Istimewa

Meski 'akar' biji kakao berasal dari Amerika Tengah, kini 70% pasokan kakao dunia berasal dari Afrika. Pantai Gading jadi wilayah penghasil kakao paling besar dengan penyediaan 30% kakao untuk pasokan dunia.

5. Napoleon gemar cokelat

Napoleon Doyan Cokelat dan Sajian Cokelat Pertama di Dunia, Ini 12 Fakta Unik Cokelat (1)Foto: Istimewa

Bukan hanya orang biasa, pemimpin kenamaan Prancis ialah Napoleon juga menyukai cokelat. Kabarnya ia selalu meminta pasukannya untuk menyediakan ia dan penasehat seniornya cokelat. Bahkan dikala Napoleon sedang jalani kampanye militer yang intens.

Saat bekerja hingga larut malam, Napoleon dikabarkan lebiih menentukan cokelat dibanding kopi untuk menemaninya. Ia sanggup terjaga hingga pukul 2-3 pagi sambil menikmati cokelat.

6. Penemuan milk chocolate

Napoleon Doyan Cokelat dan Sajian Cokelat Pertama di Dunia, Ini 12 Fakta Unik Cokelat (1)Foto: Getty Images

Masyarakat suku Maya dan Aztec sudah semenjak usang mengonsumsi kakao, tapi "cokelat" yang sering dimakan kini ialah milk chocolate bersama-sama gres ditemukan 3.600 tahun setelahnya. Pembuat cokelat ternama di Swiss, Daniel Peter menciptakan cokelat tahun 1875 sesudah 8 tahun menyempurnakan resepnya. Susu kental anggun ternyata jadi materi penting dalam resepnya yang selama itu belum ia dapatkan.


Sumber detik.com

0 comments

Post a Comment