Sunday, November 19, 2017

Baca ini : Pemerintah Malaysia Penasaran Soal Durian sebagai Makanan Afrodisiak

Foto: Australia Plus ABCFoto: Australia Plus ABC

Berita penting - Jakarta - Cokelat dan tiram dikenal sebagai makanan afrodisiak. Kini peneliti Malaysia sedang mencari tahu apakah durian juga tergolong makanan afrodisiak atau tidak.

Di Indonesia dan Malaysia, durian jadi buah favorit banyak orang. Rasanya manis lembut meski aroma khasnya begitu tajam sehingga buah berkulit duri ini tak disukai orang Barat.

Dibalik rasanya yang enak, manfaat konsumsi buah durian juga terus diteliti. Ada anggapan terkenal bahwa durian mengandung senyawa afrodisiak atau bisa memicu gairah seks.

Baca Juga: Ini Alasan Buah Durian Tak Boleh Dibawa Masuk ke Transportasi Umum!

Pemerintah Malaysia Penasaran Soal Durian sebagai Makanan AfrodisiakFoto: Istimewa

Dilaporkan The Star (17/11), untuk mencari tahu hal tersebut, pemerintah Malaysia sedang meminta forum penelitian melaksanakan studi terhadap durian.

"Seorang sobat menanyakan apa benar ada penelitian yang menyatakan durian bersifat afrodisiak dan anggun dikonsumsi pria," ujar Menteri Sumber Daya Pertanian dan Agro Malaysia, Datuk Seri Ahmad Shabery Cheek menyerupai disampaikan Datuk Dr. Noor Azmi Ghazali di Parlemen beberapa hari lalu.

Ahmad Shabery menggarisbawahi penelitian sebelumnya mengatakan durian ialah buah paling wangi namun paling bernutrisi di dunia. "Lebih jauh lagi, penelitian di Thailand mengatakan durian mengandung lebih banyak antioksidan dibanding buah tropis lainnya," lanjutnya.

Tak hanya itu, durian juga pengandung gel polisakarida yang membantu menstimulasi sistem imunitas badan untuk mengurangi kolesterol. "Ada juga penelitian di China yang mengungkap kulit durian mengandung senyawa analgesik dan antibiotik yang bantu atasi batuk," ujar Ahmad Shabery.

Pemerintah Malaysia Penasaran Soal Durian sebagai Makanan AfrodisiakFoto: Istimewa

Sementara itu, peneliti di Singapura menemukan durian tinggi kandungan potasium sehingga baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Hal ini menyerupai mematahkan anggapan banyak orang bahwa makan durian picu darah tinggi.

Ahmad Shabery mencatat penelitian lain menemukan durian mengandung senyawa anti-aging sehingga menciptakan kadar serotonin meningkat. Ia melanjutkan, "Menurut para peneliti, benar bahwa durian ialah kunci kebahagiaan."

Baca Juga: 6 Sajian Unik Durian! Dari McFlurry hingga Lobster Saus Durian

Pemerintah Malaysia Penasaran Soal Durian sebagai Makanan AfrodisiakFoto: Istimewa

Malaysia dilaporkan sedang hadapi kelangkaan durian alasannya cuaca. Jikapun ada harganya meningkat signifikan. Satu kilo gram durian di sana dihargai 60-100 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 195.000-325.000.

Guna mengatasi hal ini Ahmad Shabery menjelaskan pemerintah Malaysia sudah memakai teknologi untuk mengawetkan dan menyimpan durian dengan baik jikalau ada kelebihan pasokan durian.

"Kami memakai metode pembekuan dengan memasukkan kolagen sehingga rasa dan tekstur durian tidak terpengaruh. Namun aku tidak bisa menjelaskan detail wacana teknik yang dipakai," pungkas Ahmad Shabery.


Sumber detik.com

0 comments

Post a Comment