Friday, November 17, 2017

Baca ini : Menilik Asal Usul Bakpao yang Jadi Istilah Ukuran Benjolan di Kepala Setya Novanto!

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Berita penting - Jakarta - Kecelakaan, Setya Novanto alami benjolan sebesar bakpao. Bakpao ialah sajian camilan cantik asal China yang sekarang terkenal di banyak negara dengan aneka isian yang enak.

Setya Novanto alami kecelakaan kemudian lintas pada (16/11) ketika hendak berangkat menuju KPK untuk menyerahkan diri. Menurut pengacaranya yaitu Novanto Frederich Yunadi, kondisi Setya Novanti luka parah dan kepalanya nanah menyerupai bakpao. "Benjolnya menyerupai bakpao," tutur Frederich di RS Permata Hijau, Jaksel.

Baca juga: Disebut Kepalanya Bengkak Seperti Bakpao, Begini Kondisi Novanto

Menilik Asal Usul Bakpao yang Kaprikornus Istilah Ukuran Benjolan di Kepala Setya Novanto!Penjual bakpao gerobak yang sering ditemui di jalanan. Foto: Istimewa

Berkat istilah ini, bakpao pun jadi viral di media sosial. Memang istilah kepala bengkak sebesar bakpao ini sering ditujukan untuk menggambarkan seseorang yang alami benjolan kepala untuk menggambarkan ukurannya.

Ramai dibicarakan, darimana sih asal seruan bakpao? Bakpao yang dijadikan istilah oleh sang pengacara Setya Novanto ini bahu-membahu ialah makanan tradisional asal China. Kata bakpao meluas di Indonesia alasannya ialah diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan lebih banyak didominasi orang China di Indonesia. Kini sajian ini sudah terkenal diseluruh dunia termasuk di Indonesia.

Zhuge Liang ialah penemu bakpao yang legendaris. Dalam Bahasa China, 'pao' berarti bungkusan dan 'bak' berarti daging. Aslinya, daging dalam bakpao ialah daging babi, namun diadaptasi dengan lebih banyak didominasi penduduk Indonesia yang muslim, isian divariasikan mulai dari kacang hijau, kacang merah, ayam, sampai daging sapi.
Menilik Asal Usul Bakpao yang Kaprikornus Istilah Ukuran Benjolan di Kepala Setya Novanto!Bakpao kukus yang berasal dari China dan sekarang digemari di Indonesia. Foto: Istimewa

Bakpao dibuat dengan campuran tepung terigu yang diuleni dan dicampur dengan ragi untuk membuatkan adonan. Setelah menjadi biang, bakpao dibuat dan diisi kemudian dibiarkan mengembang kemudian dikukus sampai matang. Baru-baru ini ada juga muncul isian bakpao yang terkenal yaitu saus telur asin.

Bakpao biasa dijual dalam bentuk lingkaran, ukuran diameter kurang lebih 10 cm, sepegangan tangan dan berwarna putih. Titik warna-warni di tengah bulat episode atas, biasanya merah dan hijau, dibuat untuk membuktikan isi bakpao.

Secara tradisional, bakpao dijual dengan gerobak sepeda dan dijual dengan harga Rp 7.000 sampai Rp 8.000 per buahnya. Enak dinikmati hangat-hangat dengan secangkir teh. Mau coba?

Baca juga: Malam Ini Enaknya Ngemil Bakpao Aneka Isian yang Empuk Lembut
Sumber detik.com

0 comments

Post a Comment