Tuesday, November 14, 2017

Baca ini : Amankah Konsumsi Kopi dalam Keadaan Perut Kosong?

Foto: ThinkstockFoto: Thinkstock

Berita penting - Jakarta - Banyak orang meminum kopi di pagi hari. Perut mereka bahkan masih kosong ketika menyesap minuman berkafein ini. Amankah kebiasaan ini?

Secangkir kopi hangat jadi sajian sarapan banyak orang. Minum kopi dianggap sebagai alarm yang bisa menciptakan mereka 'melek.' Sayangnya minum kopi dalam keadaan perut kosong kerap menimbulkan efek samping.

Dikutip dari Today (11/11), jago gizi Madelyn Fernstrom dan Kristin Kirkpatrick menjelaskan soal kondusif atau tidaknya konsumsi kopi dalam keadaan perut kosong untuk kesehatan. Hal ini rupanya berbeda-beda pada orang bergantung pada kondisi kesehatannya.

Amankah Konsumsi Kopi dalam Keadaan Perut Kosong?Foto: Getty Images

Baca Juga: Ini 6 Tanda yang Menunjukkan Anda Terlalu Banyak Minum Kopi

"Ini yakni pilihan personal. Tiap orang harus memutuskan apakah minum kopi di pagi hari bisa mereka terima atau tidak. Faktanya ada yang tidak alami masalah, namun ada juga yang bermasalah. Yang terpenting yakni mengenal badan kita sendiri," ujar Fernstrom.

Fernstrom menjelaskan secara alami kopi mengandung asam. Minuman ini juga sanggup menstimulasi produksi asam di perut. Karenanya orang dengan problem lambung rentan terkena efek negatif dari konsumsi kopi ketika perut mereka kosong.

Menurut Fernstrom, kalau seseorang tak alami problem apapun ketika menenggak kopi di pagi hari, maka ia tak mempermasalahkan kebiasaan ini. Tapi kalau ada efek negatif, sebaiknya jangan lagi minum kopi ketika perut kosong.

Amankah Konsumsi Kopi dalam Keadaan Perut Kosong?Foto: iStock

Kafein sendiri tidak bekerjasama dengan kandungan asam pada kopi. Kaprikornus menentukan kopi rendah kafein tidak atasi masalah. Yang paling sempurna untuk mereka yang punya problem asam lambung yakni menentukan kopi rendah asam.

Baca Juga: Ternyata Minum Kopi Dua Cangkir Sehari Membuat Orang Lebih Sehat

Atau bisa juga dengan mengonsumsi sedikit makanan sebelum minum kopi. Kirkpatrick menjelaskan hal ini bisa bantu kurangi tanda-tanda iritasi perut yang mungkin timbul usai menenggak kopi langsung.

Kebanyakan orang yang minum kopi di pagi hari, baik dalam keadaan perut kosong atau tidak, tidak alami debar berdasarkan Fernstrom. Karena kopi umumnya mengandung tak lebih dari 300-400 mg kafein yang merupakan batas kondusif konsumsi kafein harian.

Amankah Konsumsi Kopi dalam Keadaan Perut Kosong?Foto: iStock

Bagi beberapa orang yang sensitif kafein, minum kopi sedikit saja bisa munculkan efek negatif. Solusi terbaiknya yakni kurangi konsumsi kopi di pagi hari atau hindari sama sekali.

Kirkpatrick menyimpulkan, "Saya bilang pada pasien saya, untuk semua makanan dan minuman, untuk memperhatikan badan mereka. Itu yakni cara terbaik untuk menentukan apakah sesuatu menyerupai kopi cocok Anda konsumsi atau tidak."


Sumber detik.com

0 comments

Post a Comment