Wednesday, November 22, 2017

Baca ini : Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan hingga Jaga Berat Badan (2)

Foto: iStockFoto: iStock

Berita penting - Jakarta - Kimchi, sayuran hasil fermentasi mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Tak hanya lancarkan pencernaan, kandungan probiotiknya juga sanggup tingkatkan sistem imun.

Dalam kimchi menyerupai vitamin A, B1, B2, dan vitamin C. Tidak hanya vitamin, kimchi juga rendah kalori, berserat tinggi, dan mengandung antioksidan. Masyarakat Korea Selatan sangat menyukai kimchi sehingga banyak dari mereka yang tubuhnya jarang sakit dan tetap sehat.

Berikut ini beberapa manfaat yang sanggup kita dapatkan dari konsumsi kimchi.

Baca juga: Ini Manfaat Makan Kimchi Bagi Kesehatan

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan sampai Jaga Berat Badan (2)Foto: iStock

Kimchi yang tinggi gizi sangat kaya dengan aneka macam flavonoid dan komponen fenolik. Berbagai materi yang termasuk jahe, bawang putih dan cabe terlibat dalam persiapan kimchi merupakan super pelindung yang terkenal.

Bahan-bahan tersebut menawarkan imbas yang menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh. Mereka membantu dalam melawan nanah dan sangat ampuh dalam menyembuhkan tanda-tanda pilek dan flu.

7. Menghambat penuaan

Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan sampai Jaga Berat Badan (2)Foto: Getty Images

Manfaat berharga lainnya yang disediakan oleh kimchi yakni kualitas anti-penuaan yang sanggup dikaitkan dengan kandungan antioksidan dan vitamin C. Sebuah studi yang mengevaluasi acara anti-penuaan kimchi telah mengungkapkan bahwa hal itu membantu dalam mengatur dan menghaluskan peradangan yang mempercepat proses penuaan.

Studi yang sama juga memperlihatkan hasil yang menjanjikan berkaitan dengan faktor-faktor menyerupai pengurangan stres oksidatif dalam sel, penghambatan peroksidasi lipid dan memperpanjang umur sebagai komponen anti penuaan.

8. Mencegah kanker

Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan sampai Jaga Berat Badan (2)Foto: iStock

Salah satu penyakit berbahaya ini sanggup hindari kalau Anda mengonsumsi kimchi dalam jumlah yang benar. Kimchi membantu dalam mengurangi risiko pengembangan aneka macam macam kanker. Hal ini telah diuji coba yang dilakukan pada sampel yang telah divalidasi sifat anti kanker.

Sawi menjadi adegan dalam pembuatan kimchi. Sawi mengandung flavonoid sehat yang dikenal untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Glucosinolatesnya memecah dalam bentuk isothiocyanates yang populer untuk efektivitas mereka terhadap pertumbuhan kanker.

9. Mengobati diabetes

Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan sampai Jaga Berat Badan (2)Foto: iStock

Sebuah penelitian yang dilakukan pada penderita diabetes tipe 2 dengan diet tinggi lemak yang diberi kimchi mengungkapkan sifat anti-diabetes.

Studi ini memperlihatkan toleransi glukosa yang lebih baik dan kadar glukosa puasa yang lebih rendah sesudah mengkonsumsi makanan yang mengandung kimchi pada penderita diabetes.

Selain itu, peneliti juga menyarankan biar kimchi sanggup lebih bermanfaat untuk penderita diabetes kalau dikonsumsi dengan diet normal atau rendah lemak, bukan makanan berlemak tinggi.

10. Mengurangi radang lambung

Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan sampai Jaga Berat Badan (2)Foto: thinkstock

Kimchi menawarkan imbas terapeutik pada gastritis dan penyakit ulkus peptik yang disebabkan oleh kuman Helicobacter Pylori. Sebuah studi yang dilakukan dalam hal ini telah memperlihatkan bahwa acara kimchi terhadap banyaknya kuman Lactobacillus yang sanggup menghambat patogen berbahaya yang menghubungkan ke sel kanker lambung manusia.

Baca juga: Kimchi, Superfood Asal Korea yang Bisa Turunkan Kolesterol dan Gula Darah


Sumber detik.com

0 comments

Post a Comment