Monday, November 13, 2017

Baca ini : Tak Hanya Enak, Kentang Juga Punya 14 Manfaat Baik untuk Kesehatan (1)

Foto: iStockFoto: iStock

Berita penting - Jakarta - Kentang mengandung karbohidrat yang sering dihindari orang. Padahal, ternyata kentang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Asalkan dikonsumsi tak berlebihan!

Agar lebih sehat, kentang bisa dikonsumsi tanpa digoreng. Ada banyak hidangan nikmat yang bisa Anda nikmati dengan materi dasar kentang. Mulai dari baked potato sampai kentang rebus yang lezat dipadukan dengan bumbu dan rempah yang sedap!

Dikutip dalam NDTV (10/11) ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari rutin konsumsi kentang. Jangan lupa ya padukan dengan protein sampai sayuran biar lebih sehat.

Baca juga: Makan Kentang Dengan Kulitnya Bikin Jantung Sehat

1. Mengurangi peradangan

Menurut buku 'Healing Foods' kentang bersifat basa dan anti-infamasi sanggup membantu meringankan sakit di lambung dan usus dua belas jari serta mengurangi asam lambung. Selain itu, kentang juga bisa meringankan peradangan yang terkait dengan penyakit arthritis.

Tak Hanya Enak, Kentang Juga Punya 14 Manfaat Baik untuk Kesehatan (1) Foto: iStock

2. Mengatur tekanan darah

Kalau sebelumnya berdasarkan buku 'Healing Foods', manfaat kali ini dibuktikan oleh Praktisi Kesehatan ialah Shilpa Arora yang mengatakan, "Kentang mempunyai sekitar 100 kalori, tapi yang memilih kentang akan bergizi hanya dengan bagaimana cara kita memasak kentang."

"Kentang juga sangat baik bagi Anda yang mempunyai tekanan darah tinggi dan retensi air sebab kentang akan menstabilkan natrium yang tinggi," lanjutnya.

Selain itu, kentang juga kaya akan asam klorogenat dan anthocyanin, dan juga kandungan materi kimianya sanggup membantu Anda menurukan tekanan darah.

3. Membantu Anda lebih rileksasi

Menurut buku 'Healing Foods' juga, kentang, terutama daging putihnya kaya akan triptofan, asam amino dengan sifat obat penenang alami yang membantu menenangkan saraf.

Tak Hanya Enak, Kentang Juga Punya 14 Manfaat Baik untuk Kesehatan (1) Foto: Thinkstock

4. Cegah penyakit jantung

Kentang tidak mengandung kolesterol alias masakan non-kolesterol. Hanya saja, bila dimasak dengan minyak tentu akan menghasilkan kandungan kolesterol. Kentang sesungguhnya sanggup tingkatkan kesehatan jantung sebab kandungan antioksidannya berupa anthocyanin.

Selain itu juga kentang mengandung serat, kalium, dan vitamin C serta B6 menciptakan kentang tidak diragukan lagi akan efek untuk menyembuhkan penyakit jantung.

5. Tingkatkan kesehatan otak

Asam alpha lipoic, koenzim yang terdapat dalam kentang pun sanggup meningkatkan kesehatan secara keseluruhan kognitif. Para hebat telah menghubungkan asam ini mempunyai efek yang menguntungkan pada pasien alzheimer.

Alzheimer itu sendiri merupakan salah satu adegan dari penyakit demensia. Alzheimer ini menciptakan penderitanya mengalami penurunan fungsi otak dan juga fungsi koginitif. Seperti kemampuan daya ingat, berbahasa, fungsi visuospatial dan juga fungsi administrator dari penderita itu sendiri.

Tak Hanya Enak, Kentang Juga Punya 14 Manfaat Baik untuk Kesehatan (1) Foto: iStock

6. Bantu lancarkan pencernaan

Kadar tinggi serat dari kentang membantu lancarkan pencernaan. Serat mendukung pencernaan dan mendorong keteraturan usus dengan menambahkan volume untuk kotoran.

Selain itu, kentang juga sanggup membantu dengan cepat penyembuhan sakit diare. Kaya akan kalium, mineral yang hiperbola akan hilang selama diare.

7. Cegah insomnia

Jika Anda salah satu penderita yang sangat sulit tidur, cobalah untuk mengkonsumsi kentang. Triptofan yang secara alami ditemukan dalam kentang merupakan obat alami yang sanggup menciptakan tidur Anda lebih nyenyak. Kalium yang terkandung di kentang juga berperan untuk merelaksasikan otot yang lebih menjamin tidur Anda akan lebih nyenyak dan nyaman.

Baca juga: Mana yang Lebih Bernutrisi, Kentang Merah atau Putih?
Sumber detik.com

0 comments

Post a Comment